Healthy Life, Good Life

September 8, 2008

Remaja Obese dan Resiko Kerusakan Hati/Liver

Filed under: Health — by myhealthylife @ 10:32 am

TRENTON, N.J. – Terdapat perkembangan fakta baru yang mengkhawatirkan bahwa para remaja yang mengalami kelebihan berat badan (obesitas) kemudian mengalami kerusakan hati akibat kelebihan lemak tubuh, dan sebagian di antara mereka bahkan sampai membutuhkan transplantasi organ hati.

Dan banyak lagi di antara para remaja ini yang akan memerlukan hati baru pada usia 30-an atau 40an, kata para ahli, yang memperingatkan agar para dokter anak lebih waspada dan pro-aktif. Kondisi seperti itu, yang dapat bermuara pada cirrhosis hati atau kegagalan hati atau bahkan kanker hati, mulai terlihat pada anak-anak di AS, Eropa, Australia, dan bahkan beberapa negara berkembang, menurut sejumlah riset kedokteran yang tiba-tiba marak belakangan ini dan menurut beberapa dokter yang diwawancara oleh The Associated Press.

Yayasan Hati Amerika (The American Liver Foundation) dan beberapa pakar lainnya memperkirakan 2 hingga 5 persen anak-anak Amerika di atas usia 5 tahun, dan hampir sebagian besar di antaranya obese atau overweight, mengalami kondisi kerusakan hati seperti ini, yang dikenal dengan sebutan nonalcoholic fatty liver disease atau penyakit hati berlemak yang bukan disebabkan oleh alkohol.

Silahkan baca kelanjutannya di link di bawah ini. Mohon maaf terjemahannya menyusul :))

Read on..

2 Comments »

  1. Gw takut sama sakit liver ,,
    bisa sembuh gag cii…

    Comment by Nevy alya Mariana — January 9, 2009 @ 10:24 am |Reply

  2. Dear Nevy, apakah kamu takut sakit livernya? Atau sekarang sudah kena liver? Kalau belum, yuk kita upayakan turunkan berat badan yang berlebih sejak sekarang. Caranya gampang kok.

    Yg penting dipahami bahwa kelebihan berat badan terjadi akibat menumpuknya sampah di dalam tubuh. Darimana datangnya sampah itu? Dari makanan yang salah. Salah, artinya, bukan makanan seperti itu yang “diminta” oleh tubuh kita. Seperti pernah diajarkan di sekolah, tubuh kita perlu karbohidrat, protein, mineral (sayuran) dan vitamin (buah). Setiap hari. Nah, apakah kamu makan buah setiap hari? Seberapa banyak? Apakah kamu makan sayur yang banyak setiap hari? Yuk, kalau mau diskusi lebih lanjut, atau mau dipandu soal urutan makanan yang harus dimakan tapi tetap bisa makan enak, kita diskusi di nurrachmi@yahoo.com. Saya tunggu ya. Salam manis.

    Comment by myhealthylife — January 9, 2009 @ 11:57 am |Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: