Healthy Life, Good Life

May 24, 2007

ASI dan Susu Formula

Filed under: Health — by myhealthylife @ 10:06 am

Kita sudah banyak mendengar anjuran dan kampanye para dokter dan bidan tentang pentingnya pemberian ASI bagi bayi pada 4-6 bulan pertama. Semua mengatakan bahwa ASI adalah makanan terbaik bagi bayi, karena sudah lengkap gizi, tak perlu ditambah ini-itu, tak perlu lagi ditambah vitamin, mineral, AA, DHA dan berbagai zat tambahan lainnya.

Tapi tak banyak yang menjelaskan kenapa susu formula tidak dianjurkan bagi bayi. Hanya pada keadaan darurat sajalah, dimana ASI sama sekali tidak mungkin diberikan – misalnya karena sang Ibu meninggal atau sakit berat seperti Hepatitis – susu formula diperbolehkan.

Di bawah ini ada sebuah artikel menarik dari KOMPAS, Minggu, 20 Mei 2007, yang mengingatkan kita untuk waspada terhadap promosi susu formula yang berlebihan, yang sesungguhnya melanggar Kode Etik Internasional (The International Code of Marketing of Breast-Milk Substitutes) yang dikeluarkan WHO tahun 1981.

Dalam sebuah seminar beberapa bulan lalu, saya mendengar penjelasan dari seorang dokter sepsialis anak bahwa karena ASI sebetulnya sudah lengkap mengandung AA dan DHA yang diperlukan bayi, ketika di dalam susu formula zat-zat tersebut ditambahkan, hal itulah yang memicu berbagai kelainan pada anak seperti hiperaktif, ADD, ADHD, dan mungkin juga autisme (selain memang terdapat kontaminasi logam berat pada anak-anak autis).

Mudah-mudahan peringatan seperti ini menambah kesadaran kita untuk selalu belajar dan belajar, menambah pengetuan untuk diri kita sendiri, agar kita menjadi ibu yang berkualitas dalam mendidik dan membesarkan anak-anak kita.

Silahkan baca selengkapnya.. KOMPAS

2 Comments »

  1. saya banyak mengumpulkan alasam kenapa Susu Formula belum diijinkan utuk Bayi 0-6 bulan. Silakan kunjungi blog saya di http://asipasti.blogspot.com

    Comment by rahadian p. paramita — February 8, 2008 @ 5:31 pm |Reply

  2. Mau memberi komentar, kalau saya dulu lahir memang selalu kasih ASI yg terbaik, pernah juga dikasih susu formula tetapi susu tsb sy yg minum, soalnya saya takut banyak bahan2 yg kurang familiar di telinga kita. Pokoknya SUSU ASI memang yg terbaik buat bayi kita.

    Comment by yuni — August 15, 2009 @ 5:34 pm |Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: