Healthy Life, Good Life

January 12, 2007

Mengembangkan Ketrampilan Menulis Sejak Dini

Filed under: Child Education — by myhealthylife @ 5:35 pm

Anda akan mengetahui bahwa anak Anda sudap siap memulai belajar menulis huruf-huruf alfabet ketika ia mulai menunjukkan ketertarikan pada kata-kata. Ia mungkin akan meminta Anda menuliskan namanya, atau membacakan kata-kata di papan merk di jalan. Manfaatkan ketertarikan tersebut dengan memulai mengajarkannya ketrampilan dasar menulis.

Anak balita Anda melihat Anda menulis setiap hari dan ingin meniru apa yang Anda lakukan. Inilah kesempatan Anda untuk memberinya beberapa pelajaran pembentukan huruf-huruf.


Sediakan waktu pada hari-hari yang tidak terlalu sibuk agar tidak terganggu dan duduklah bersama anak Anda di depan sebuah meja dan cobalah kegiatan berikut ini:

• Menelusuri: Potong beberapa huruf dari kertas yang kasar. Minta ia menempatkan selembar kertas di atas potongan huruf tersebut dan gosokkan crayon di atasnya sampai huruf tersebut timbul. Anda bisa juga menggunakan stensil, atau minta ia menghubungkan titik-titik yang membentuk huruf.

• Meniru: Dengan makin berkembangnya ketrampilan menulis anak Anda, dorong ia untuk meniru bentuk-bentuk sederhana, seperti garis, silang, lingkaran. Tuliskan huruf-huruf sederhana (t, l, v) di atas sehelai kertas – atau pada busa untuk bercukur di kamar mandi sambil mandi – dan minta ia menirukannya.

• Menulis: Setelah anak Anda mulai menulis huruf-huruf dengan mudah, ia mungkin masih perlu diingatkan lagi tentang bagiamana huruf-huruf itu terbentuk. Anda bisa menciptakan kalimat-kalimat yang mudah diingat yang akan membantunya mengingat cara membentuk huruf-huruf tertentu. Misalnya, sambil menuliskan huruf “K” secara perlahan Anda bisa berkata “Kaki Kiki kena Paku”. Anda bisa pula menjelaskan bahwa beberapa huruf kakinya berjuntai (j, y p, g).

Cobalah untuk tidak memaksa anak Anda belajar menulis huruf alfabet bila ia belum siap. Mungkin ia perlu waktu lebih lama untuk mencoba-coba, dan menyediakan waktu baginya untuk memakai kertas dan pinsil tanpa bimbingan oang dewasa adalah cara yang baik untuk menyiapkannya belajar dengan bimbingan.

Sumber: Zooba Toddlers – http://www.zooba.com

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: