Healthy Life, Good Life

August 4, 2008

Bahaya Sampah Plastik bagi Lingkungan dan Kesehatan

Filed under: Health — by myhealthylife @ 5:50 pm

Oleh:
Roller Wirda luthfiah
Jakarta Utara
dha_gun2@yahoo.co.id

Republika Online: 31 Juli 2008

NETIZEN–Salah satu faktor yang menyebabkan rusaknya lingkungan hidup yang sampai saat ini masih tetap menjadi “PR” besar bagi bangsa Indonesia adalah faktor pembuangan limbah sampah plastik. Kantong plastik telah menjadi sampah yang berbahaya dan sulit dikelola.

Diperlukan waktu puluhan bahkan ratusan tahun untuk membuat sampah bekas kantong plastik itu benar-benar terurai. Namun yang menjadi persoalan adalah dampak negatif sampah plastik ternyata sebesar fungsinya juga.

Lalu apakah anda tahu bahaya apa saja yang disebabkan kantong plastik bagi lingkungan hidup?

Dibutuhkan waktu 1000 tahun agar plastik dapat terurai oleh tanah secara terdekomposisi atau terurai dengan sempurna. Ini adalah sebuah waktu yang sangat lama. Saat terurai, partikel-partikel plastik akan mencemari tanah dan air tanah.
Jika dibakar, sampah plastik akan menghasilkan asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan yaitu jika proses pembakaranya tidak sempurna, plastik akan mengurai di udara sebagai dioksin. Senyawa ini sangat berbahaya bila terhirup manusia. Dampaknya antara lain memicu penyakit kanker, hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf dan memicu depresi.

baca selengkapnya..

22 Comments »

  1. Iya betul..
    Untuk itu, mari kita galakkan Tidak lagi menggunakan Bungkus Plastik dan sebagainya (paling tidak kurangi), soalnya skrg ini di luar negeri uda banyak yang begitu.. Gimana dg Indonesia? Mari kita suarakan sama – sama.

    Comment by Andy — November 18, 2008 @ 4:43 pm |Reply

    • setuju banget… nah harus dimulia dari diri sendiri

      Comment by agustia niranda — April 21, 2011 @ 9:32 am |Reply

      • ya saya sangat setuju dngn hal itu…..
        masa depan anak cucu kita ada d tangan kita semua….
        untuk itu marilah kita mengurangi dalam menggunakan sampah plastik

        Comment by Edo labecca — April 12, 2012 @ 2:28 pm

  2. truzz gmana cara menanggulanginya???

    selain itu adakah dampak lain yang bsa terjadi????

    bahaya sampah
    lingkngan keluarga???
    lingkungan masyarakat???
    lingkungan sekolah???

    Comment by puput — December 16, 2008 @ 4:06 pm |Reply

  3. Dampak lain, meningkatnya kanker paru-paru akibat pembakaran sampah plastik. Orang Indonesia kan hobby banget membakar sampah di halaman belakang. Pdahal, menurut penelitian, bahan kimia yang dihasilkan dari plastik yang dibakar inilah penyebab banyaknya orang yang kena kanker paru-paru belakangan ini, meskipun orang tsb by=ukan perokok dan bukan pula orang yang sering terpapar asap rokok.
    Jadi, mulailah dari diri sendiri dan dari hal kecil. Ketika beli makanan di warung misalnya, atau berbelanja ke supermarket, bawa tas kain punya sendiri dari rumah. Sekarang kan banyak tas-tas yang dibagikan ketika seminar. Nah, tas kain ini kan bisa dicuci kelau kotor. Di Jepang, orang belanja dengan membawa serbet besar yg bisa dilipat. Seperti jaman dulu orang melipat serbet atau taplak ketika mau bepergian. Dan kalau yang dibeli hal kecil seperti Buavita, atau Silverqueen, atau odol, bilang aja “nggak usah pake plastik ya”. Masukin aja langsung di tas atau di saku. Mudah kan..

    Comment by myhealthylife — January 9, 2009 @ 5:10 pm |Reply

    • masalah plastik ini yang sangat dianggap sepele oleh masyarakat luas ini sungguh membuat saya cemas.. apa sih susahnya bawa tas kain yang bisa dilipet waktu bepergian kemana aja supaya kita tidak perlu menggunakan plastik lagi…
      dari sedikit menjadi banyak, dari 1 plastik perorang menjadi milyaran plastik perseluruh penghuni bumi ini…

      Comment by Natalia Hendrastuti — October 17, 2013 @ 9:34 am |Reply

  4. Satu lagi orang yang saya kenal kena kanker paru-paru, sudah stadium 4, padahal dia bukan perokok, dan tidak sering pula menjadi prokok pasif (berada di dekat orang-orang yang merokok)., Betapa mengerikan.
    Yuk kita mulai dengan memisahkan sampah plastik agar tidak ikut terbakar..

    Comment by Anung — February 27, 2009 @ 3:13 pm |Reply

  5. Ada kabar baru, plastik dari sellulosa yang asalnya dari jagung dan mudah terurai. Tapi kita gak tau kapan akan dibuat di Indonesia

    Comment by Wijayanti — April 30, 2009 @ 1:02 pm |Reply

  6. Makasih atas infonya….

    ———————————–
    artikel kesehatan
    download pdf jawapos
    yoga
    yoga
    review

    Comment by candra — June 3, 2009 @ 5:33 pm |Reply

  7. zat apa saja yang berbahaya apabila proses pembakaran sampah plastik yg tdk sempurna??? mohon lebih terperinci.
    terimakasih

    Comment by medawita — September 17, 2009 @ 2:29 pm |Reply

  8. @ Medawita,
    Mohon maaf saya tidak punya keterangan tentang zat apa saja yang berbahaya. Soal itu bisa ditanyakan ke oragnisasi lingkungan seperti WALHI – mungkin. Saya hanya mengutip tulisan tersebut dari Republika online.
    Bagi saya, pengetahuan seperti ini dimaksudkan untuk mengingatkan kita bahwa sebaiknya kita lebih serius menjalani hidup ini, dengan memikirkan apa yang kita lakukan yang kira-kira akan berdampak buruk pada orang lain dan pada planet bumi secara umum..

    Comment by myhealthylife — September 17, 2009 @ 3:17 pm |Reply

  9. tiap hari orang selalu menggunakan plastik.tapi,dibuangpun sembarangan di jalan.apa mereka tidak sadar kebersihan???? padahal di sekolah di ajari bersih itu sehat bersih itu indah.bersih itu sebagian dari iman.kira-kira mau diapakan plastik-plastiknya?
    kalau ada yang tanam pohon untuk atasi globol warning, tapi ada juga yang buang plasyik di bawah pohon di jalan-jalan.

    Comment by ririn-madiun — January 28, 2010 @ 6:09 pm |Reply

    • Saya yakin, kebanyakan orang sadar dengan kebersihan, mungkin cm kurang kepedulian aja kali ya:)

      Comment by Hengky — August 1, 2010 @ 8:15 pm |Reply

  10. mari bergabung di group FB Proyek Sasra Bau…bagaimana mengelola lingkungan rumah kita dan sekitar kita dengan baik…dari pada kampanye gak ada aksi marilah berbuat hal terkecil dari kita

    Comment by daeng — February 5, 2010 @ 7:37 pm |Reply

  11. Apakah limbah Medis Plastik yang dibakar melalui Incinerator akana mempengaruhi dampak bagi manusia dan lingkungan sekitar …
    Mohon penjelasan. Bahan-bahan pencemar plastik jika dibakar selain dioksin apa saja ….
    Terima kasih

    Salam

    Verry

    Comment by Ferry — April 26, 2010 @ 7:20 am |Reply

  12. Dear Ferry,
    Soal limbah Medis ini sudah sering juga dipersoalkan. Sayangnya saya tidak mengikuti perbicangannya. Tapi yang saya tahu, ada penelitian di Amerika Serikat bahwa tanah di hampir semua negara bagian di AS sudah tercemar oleh antibiotik dan obat2an. Ternyata asalnya adalah pembuangan sampah medis yang tidak hati2 oleh rumah sakit serta pembuangan obat kedaluarsa oleh keluarga2 yang hanya dibuang begitu saja ke tempat sampah.

    Nah, pencemaran ini ternyata berdampak panjang, mencemari tumbuh2an, dan hewan yang makan tumbuh2an. Akibatnya rantai makanan juga menjadi tercemar.
    Tapi sekali lagi, kamu bisa mencoba cari tahu lebih banyak dengan cara brwosing ke situs2 kesehatan AS.
    Maaf ya, saya tidak punya jawaban yang lebih rinci ..

    Comment by myhealthylife — April 26, 2010 @ 11:45 am |Reply

  13. Saya sangt kecewa dg para pengurus lingkungan rumah saya.. didepan rumah saya ada sebidang tanah.. tapi oleh pemilik tanah tsb disewakan kpd pemulung sbg tempat pembuangan sampah seperti TPA..sy dan keluarga sgt terganggu. sekarang saja sy sudah terkena penyakit paru2 dan ayah sy terkena penyakit hepatitis.. sy dan keluarga sy sudah melapor kepada RT dan RW..tapi tidak ada tanggapan..apalagi yg punya tanah tsb adalah mertua dari ketua Rw..menurut saudara semua hal apa yg anda lakukan jika berada diposisi sy..dan harus melapor kemana lg???

    Comment by Putri — May 9, 2010 @ 10:05 am |Reply

  14. izin share ya..terima kasih

    Comment by wiyah — July 12, 2010 @ 5:15 pm |Reply

  15. harus di halangi plastik ini

    Comment by yoga ok — January 25, 2011 @ 12:24 pm |Reply

  16. kalo samapah itu sulit di daur ulang, dan bahkan tdk baik kalo di bakar. bagaimana cara mengurus sampah-sampah pada bungkus-bungkus makanan ringan…
    soalnya anak” sekolah itu tidak lepas dari jajan setiap harinya. bagaimana pendapatmu ??????

    Comment by khor — February 26, 2012 @ 1:00 pm |Reply

    • Kalau soal mengurus sampah plastik bungkus makanan ringan, mestinya itu kan pekerjaan para ahli lingkungan. Pemerintah mestinya memfasilitasi ahli2 bidang lingkungan di negeri kita untuk sekolah, belajar kalau perlu ke negri orang, dan kemudian melakukan penelitian dan percobaan di Indonesia, sampai menemukan cara terbaik mengurus sampah2 tersebut. kan contoh di negeri lain sudah ada.
      Apa yang bisa dilakukan oleh kita sebagai warga, at least mengajai anak2 kita untuk selalu buang sampah di tempat sampah. kalau ketika membuka bungkus makanan tidak ada tempat sampah di dekatnya, sampah tsb dikantongi aja dulu sampai ketemu tempat sampah. Kalau kita mulai dengan langkah kecil2 seperti itu, dan mulai dari diri dan lingkungan keluarga terdekat kita, saya rasa masalah sampah tidak akan serunyam sekarang deh..

      Comment by myhealthylife — March 15, 2012 @ 5:47 pm |Reply

  17. […] Depresi. Sumber : – @infoLengkap / https://twitter.com/infoLengkap               – http://myhealthylife.wordpress.com/2008/08/04/bahaya-sampah-plastik-bagi-lingkungan-dan-kesehatan/               – https://www.facebook.com/JanganBakarSampahPlastik               […]

    Pingback by Bahaya Membakar Plastik dapat menyebabkan Keracunan dan Kanker | Nur Muhamad Iskandar — December 3, 2013 @ 2:06 pm |Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Toni Theme. Create a free website or blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: